VISITOR

Friday 9 April 2010

Berlatih Konsentrasi Pikiran Melalui "Meditasi"

Konsentrasi Pikiran
Fokus dan memusatkan pikiran pada satu titik merupakan dasar teknik penerapan bela diri fisik maupun batin. Konsentrasi pikiran sangat mempengaruhi pada tinggi rendahnya pengaturan gerakan dan jurus, terutama kecepatan dan ketepatan bergerak, memukul dan menangkis. Salah satu teknik dasar dalam melatih konsentrasi pikiran ialah melalui meditasi.

Meditasi’ adalah suatu pengosongan pikiran yang dipusatkan pada sesuatu yaitu dengan memahami kesunyian. Unsur unsur terpenting dalam melakukan meditasi, yaitu: “mengosongkan pikiran, “mengatur nafas dengan baik, dan “memusatkan pikiran. Meditasi akan lebih efektif dilakukan di tempat tertutup ataupun alam terbuka, karena meditasi merupakan teknik selain untuk penenangan diri juga sebagai teknik dimana perasaan dan hati mencoba untuk bersatu dengan alam.

Hasil dari meditasi itu sendiri, yakni cenderung meningkatkan “ketajaman pikiran, “ketajaman pendengaran, “merasakan energi batin, “konsentrasi pikiran, “kesegaran dan kebugaran serta “relaksasi tubuh. Meditasi dilakukan dengan posisi duduk, hal ini cenderung mencoba melatih otak dan pikiran dalam keadaan “tidur dalam sadar” sehingga menghasilkan efek yang lebih sensitif terhadap gerakan dan energi, selain itu juga meditasi merupakan unsur pembuka tenaga batin dan ketenangan pikiran disamping sebagai teknik untuk meningkatkan konsentrasi pikiran