VISITOR

Friday 9 April 2010

Tips Membaca Cuaca

Cuaca
Tahun 2011 cuaca pada masa saat ini mengalami perubahan yang significan, dimana lapisan ozon mulai menipis cenderung hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, polusi udara, penebangan pohon liar, pembangunan perumahan di atas perbukitan hingga pembukaan lahan untuk jalan alternative dsb. Suhu paling tinggi pada saat ini secara global untuk wilayah sekitar Indonesia mencapai 33˚ s.d 40˚ celcius, hal ini cenderung membutuhkan perhatian yang sangat serius dari kita sebagai penghuni bumi. Melalui reboisasi kemudian menggalakan upaya pelestarian lingkungan di semua sektor.
Tips membaca cuaca
Tahap pertama, dikala angin mulai bertiup kencang dengan arah tak menentu, biasanya menandakan hujan akan turun lebat.
Tahap kedua, untuk menentukan dimana posisi hujan akan turun, biasanya dapat dilihat dari bergerak kearah mana angin meniup awan. Contoh dikala angin meniup awan ke arah sebelah utara, dapat dipastikan posisi turun hujan akan ada di sebelah utara.
Tahap ketiga, bila anda melihat awan putih menyelubungi puncak di atas gunung, cenderung menandakan cuaca disiang hari akan mengalami perubahan apakah akan hujan atau sekedar mendung. Dan apabila di atas puncak gunung di pagi hari terlihat jelas, hal ini menandakan cuaca sepanjang hari cenderung cerah atau berawan.
Tahap Keempat, Bila posisi anda sedang berada di hutan, apabila terjadi perubahan situasi dimana burung-burung dan binatang lainya mulai mengeluarkan suara yang ribut dan berlebihan, hal ini cenderung menandakan cuaca akan buruk atau badai disekitar area tersebut.